[email protected]

Senin - Jumat : 07:00 - 14:00
021 7200456
0816 262579

Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan naturalis adalah kemampuan untuk mengenali berbagai jenis flora (tanaman), fauna (hewan) dan fenomena alam lainnya. Kecerdasan naturalis di anataranya memahami asal usul binatang, pertumbuhan tanaman, serta terjadinya tata suryadan bebagai galaksi. Martinis Yamin (2012) mengingatkan pentingnya metode pembelajaran untuk meningkatkan pembelajaran anak. Metode yang dapat dipergunakan untuk meningkatkan kecerdasan naturalis anak adalah dengan wisata alam dan praktikum serta Demonstration dan Experiment.

Kecerdasan Naturalis ( Naturalist Intelligence ) ialah kapasitas untuk mengenali dan mengelompokkan fitur tertentu di lingkungan fisik sekitarnya, seperti binatang, tumbuhan dan kondisi cuaca. Kecerdasan naturalis ialah kemampuan untuk mencintai lingkungan dan sesama makhluk hidup. Cara meningkatkan kecerdasan naturalis ialah dengan cara memelihara hewan favorit, tingkatan frekuensi melihat acara-acara mengenai program flora dan fauna, serta menahan diri untuk tidak merusak lingkungan seperti mencoret meja, mengijak rumput kantor, memetik bunga yang sedang tumbuh.

Ciri-Ciri Dan Indikator Kecerdasan Naturalis

Orang dengan kecerdasan naturalis yang berkembang baik mempunyai ciri-ciri sebagai berikut “Gunawan, 2012:130-131”:

  • Menjelajahi lingkungan alam dan lingkungan manusia dengan penuh ketertarikan dan antusiasme.
  • Suka mengamati, mengenali, berinteraksi atau peduli dengan objek, tanaman atau hewan.
  • Mampu menggolongkan objek sesuai dengan karakteristik objek tersebut.
  • Mampu mengenali pola di antara spesies atau kelas dari objek.
  • Suka menggunakan peralatan seperti mikroskop, binokuler, teleskop dan komputer untuk mempelajari suatu organisme atau sistem.
  • Senang mempelajari siklus kehidupan flora dan fauna.
  • Ingin mengerti bagaimana sesuatu itu bekerja.
  • Mempelajari taksonomi tanaman dan hewan.
  • Tertarik untuk berkarier di bidang biologi, ekologi, kimia dan botani.
  • Senang memelihara tanaman atau hewan.

        Fungsi kecerdasan naturalis ini tampak mencolok ketika anak-anak untuk mengamati tanaman, hewan, serangga, dan benda alam yang ada di sekitar kita. Dengan mengenali tabiat dan hukum alam di lingkungan sekitar, anak dapat mengenalkan hukum sebab akibat yang berlaku di alam. Misalnya, jika kita membuang sampah sembarangan di sungai, maka sungai akan tercemar dan menyebabkan banjir ketika musim hujan tiba. Begitu pula bila hutan basah ditebang tanpa dilakukan reboisasi (penghijauan kembali), maka akan mengakibatkan tanah longsor. Dengan kecerdasan naturalis ini, anak-anak dapat belajar tentang perubahan cuaca, seperti (mendung penanda akan hujan), gejala gempa, gunung berapi, dan gelaja banjir.

sumber: www.dosenpendidikan.co.id dan Dr. Hermawati, S.E., M.Pd.I

Komentar

To Top ↑