[email protected]

Senin - Jumat : 07:00 - 14:00
021 7200456
0816 262579

BELAJAR SAMBIL BERMAIN

Main ! Main ! Main ! Bermain merupakan hal utama bagi anak kecil. Anak memang sedang bermain, tetapi mereka sebenarnya juga sedang dalam proses belajar. Mereka belajar tentang badan mereka, lingkungan mereka, orang-orang sekitar mereka.

Anak belajar melalui permainan mereka. Anak-anak yang masih kecil sebetulnya sudah melakukan proses belajar dengan cara mereka sendiri, terlepas dari sekolah atau homeschool. Itulah dunia anak-anak, dunia bermain yang mengasyikkan. Pada dasarnya dunia anak adalah dunia yang identik dengan bermain, terutama di usia dini. Oleh karena itu, para pakar Psikologi Perkembangan Anak banyak menciptakan metode-metode bermain kreatif untuk menunjang pertumbuhan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik anak usia dini.

Pentingnya bermain

  • Konvensi Hak Anak PBB (1989) menegaskan bahwa bermain adalah salah satu hak anak. Oleh sebab itu, melarang anak untuk bermain adalah hal yang salah. Sebaliknya orangtua maupun guru sebaiknya menggunakan karaktersitik alami anak ini sebagai proses pembelajaran yang menyenangkan.
  • Sejak lahir anak mempunyai rasa ingin tahu. Mereka ingin tahu bagaimana dunia mereka. Bayi belajar dengan cara berinteraksi dengan orang di sekitar mereka, dengan menggunakan indera mereka. Keingintahuan anak ini sangat jelas terlihat dalam cara mereka bermain.
  • Melalui permainan, anak-anak mengalami proses pembelajaran. Bagi kita orang dewasa, bermain mungkin tidak terlihat seperti belajar. Orang dewasa sebaiknya ikut dalam permainan tersebut. Mainan tidak terlalu penting karena orangtualah mainan utama bagi anak-anak.
  • Bermain adalah bagian dari proses tumbuh kembang anak. Kita harus berpikir positif tentang dunia bermain anak sebagai proses normal dalam tumbuh kembangnya. Untuk itu, sangatlah penting untuk mengolahnya sebagai sarana mendidik anak secara efektif.

Sumber : http://staffnew.uny.ac.id ( Susana Widyastuti, M.A.)

Komentar

To Top ↑